-->

Mengapa harus ada Hukum di dalam Kehidupan Manusia ?

 

Mengapa harus ada Hukum di dalam Kehidupan Manusia ?










Mengapa harus ada hukum di dalam kehidupan manusia? Kadang kala keinginan manusia itu berbeda-beda. Apabila tidak ada suatu yang dijadikan pedoman dalam mewujudkan keinginan-keinginan tersebut maka yang terjadi adalah benturan-benturan. Supaya kehidupan dapat berjalan dengan aman dan tertib maka diperlukan adanya peraturan hidup. Peraturan hidup itu disebut dengan norma. Tentang apa itu norma? Kalian telah mempelajari dalam materi pelajar

Dalam mempelajari hukum atau sistem hukum maka di suatu Negara kita perlu melakukan beberapa cara atau metode pendekatan agar terdapat kesamaan persepsi dalam menjalankan atau dalam memahami sistem hokum tersebut 

Hal inilah yang akhirnya menimbulkan pelanggaran - pelanggaran hukum. tidak terjadi pelanggaran-pelangaran hukum tersebut maka kita memerlukan suatu sistem hukum yang berlaku pada suatu Negara, sehingga dapat sebagai pedoman aturan sekaligus memberi sanksi bagi siapa saja yang melanggarnya.

Sistem hukum berlaku dalam masyarakat karena disahkan oleh pemerintahan masyarakat itu. Sistem hukum yang sah dan berlaku di suatu waktu tertentu dan di Negara tertentu dinamakan hukum positif "Lius Costitunum". Sistem hukum dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat senantiasa berkembang.

Tujuan mempelajari Hukum
1) Mempelajari hukum dan ada keinginan untuk mengetahui seluruh tata hidup bernegara dan bermasyarakat di Indonesia.
2) Ingin mengetahui kerangka hukum positif di Indonesia, terkait tentang perbuatan-perbuatan mana yang melanggar hukum, serta ingin mengetahui kedudukan, hak dan kewajiban hukum dalam masyarakat.

Manusia hidup selalu dengan keinginan-keinginan untuk mencapai tujuan yang dikehendakinya. Ada kalanya cara memperoleh keinginan-keinginan tersebut tidak sesuai atau bertentangan dengan aturan-aturan hukum yang ada, dimana seringkali kita dengar bahwa manusia dalam memperoleh sesuatu yang dikehendaki atau diinginkannya mengunakan segala cara.

 

 

 

 

LihatTutupKomentar