-->

Bercocok Tanam Tanpa Tanah

Bercocok Tanam Tanpa Tanah


 

 

 

 

 

 

Taniasik.com – Bercocok tanam tanpa tanah pada dasarnya merupakan inovasi yang menjadi solusi dari keterbatasan lahan, kondisi tanah yang kurang subur, atau kurangnya sumber air yang memadai di sebuah daerah.

Tren hidroponik yang ramai dilakukan beberapa tahun ke belakangan ini bukan hanya dilakukan oleh petani hidroponik—yang sekarang menjadi sebuah bisnis. Hidroponik juga banyak dilakukan di rumah sebagai hobi atau upaya konsumsi sayur dan buah mandiri.

Hidroponik

 

Hidroponik adalah teknik menanam tanpa tanah yang menggunakan air dan larutan nutrisi untuk menumbuhkan tanaman. Menggunakan media pengganti seperti rockwool, spon, jerami, sabut kelapa, atau serat kayu, air yang sudah dicampur dengan pupuk dan kalium klorida akan dialirkan ke akar tanaman melalui media non tanah tersebut.

Akuaponik

Akuaponik sebenarnya juga teknik menanam tanpa tanah yang menggunakan air sebagai media utama. Meskipun begitu, yang membedakannya dengan hidroponik adalah tanaman yang dibudidayakan dengan metode akuaponik ditumbuhkan di atas sebuah kolam yang berisi ikan budidaya.

Aeroponik

Sistem ini dikatakan sebagai yang paling teknis karena kabut dari larutan nutrisi yang perlu diserap tanaman, harus disemprotkan setiap 15 menit sekali. Metode ini memastikan tanaman selalu segar. Terbukti dari sayur yang dihasilkan menggunakan aeroponik terasa lebih segar dan renyah.

Teknik menanam tanpa tanah tersebut memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Memang lazimnya untuk rumah tangga, Anda bisa menggunakan sistem hidroponik yang sederhana.

 

LihatTutupKomentar