-->

Kecanduan Gadget pada Anak Milenial

 

Kecanduan Gadget pada Anak Milenial


 

 

 

 

 

 

 

Taniasik.com – Seiring perkembangan teknologi, gadget saat ini pun sudah berkembang menjadi semakin canggih. Hampir semua orang, terutama anak milenial selalu membawa gadget dimanapun dan kemana pun mereka pergi. Hati-hati, ini dampaknya bagi kesehatan.

Gadget memang menjadi sarana yang sangat membantu dan memudahkan kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Banyak hal yang bisa dilakukan melalui gadget, mulai dari membaca buku, menonton film, browsing, melakukan transaksi keuangan, memesan makanan, bermain, dan masih banyak lagi. Karena itu, hampir semua orang tidak bisa menjalani kegiatannya satu haripun tanpa ada gadget di dekatnya.

Gejala Kecanduan Gadget

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terkena sindrom nomofobia alias kecanduan gadget. Tingkat kecanduan orang pun berbeda-beda. Mulai dari kondisi yang ringan, hingga yang cukup parah. Berikut ini beberapa tanda dari kecanduan gadget yang perlu diperhatikan:

 

1.Saat terjadi kecanduan gadget, kamu akan langsung mencari gadget saat membuka mata di pagi hari. 

2.Tidak bisa melewati hari tanpa menggunakan gadget. 

3.Terasa cemas yang luar biasa jika baterai smartphone sudah sangat rendah atau bahkan mati. 

4.Selalu ingin mengecek gadget-mu tiap 5 menit sekali. 

5.Tidak ingin lepas dari gadget.


Dampak Kecanduan Gadget :

 

1. Gangguan Mata

Jika kecanduan gadget ini dibiarkan terlalu lama, maka mata bisa lelah, terasa tidak nyaman, merah, dan timbul gangguan penglihatan, seperti penglihatan menjadi kabur, minus mata bertambah, dan lain-lain.

 

2. Mengganggu Pola Tidur

Bermain gadget memang bisa menimbulkan ketagihan yang akan membuatmu susah untuk berhenti. Akhirnya jam tidurmu akan terganggu, bahkan jika dibiarkan terlalu lama, kamu bisa mengidap insomnia.

 

3. Mengganggu Studi

Hampir sebagian besar waktunya digunakan untuk bermain gadget dan ia sulit untuk berkonsentrasi saat belajar di sekolah, sehingga akhirnya prestasi di sekolah pun jadi menurun.  

 

4. Kurang Bersosialisasi

Kcanduan gadget menyebabkan anak milenial hanya ingin berkomunikasi melalui aplikasi chatting yang ada di gadget saja dan enggan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya. Akibatnya, hubungan pertemanan bahkan keluarga pun jadi merenggang karena gadget

 

 

 

LihatTutupKomentar