-->

Bahaya Main HP Sebelum Tidur Berisiko Depresi

 

Bahaya Main HP Sebelum Tidur Berisiko Depresi


 

 

 

 

 

  

Taniasik.com - Siapa sangka, jika dilakukan secara terus-menerus, kebiasaan buruk ini akan mempengaruhi kualitas tidur bahkan menjadi salah satu penyebab Depresi Oleh karenanya, dianjurkan semaksimal mungkin menghindari kebiasaan bahaya main HP sebelum tidur.

Keberadaan Handphone memang menjadi kebutuhan pokok manusia di era digital. Mulai bangun tidur hingga menjelang tidur HP selalu mendampingi. Tak heran, rasa hampa akan terasa saat tiada HP di dekatnya. Namun, ada bahaya bagi kesehatan jika terlalu sering menggunakan HP, lebih tepatnya di saat sebelum tidur.

 

Inilah bahaya HP yang sering kita lakukan ketika melakukannya :

 

Menyebabkan Insomnia

Penggunaan ponsel sebelum tidur membuat Anda untuk lebih sering meletakkan ponsel di dekat Anda. Padahal, ponsel dapat mengeluarkan cahaya biru yang tidak baik bagi kesehatan, terlebih ketika Anda akan beristirahat.

 

Menurunkan Kualitas Tidur

Kamu akan lebih sulit memejamkan mata, bahkan cenderung tidak mendapatkan tidur yang nyenyak saat terlelap. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Pertama, rangsangan cahaya dari handphone dapat mengganggu irama sirkadian otak yang berpengaruh terhadap rasa kantuk seseorang.

 

Mengurangi kemampuan Konsentrasi

Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan adalah dapat mengurangi kemampuan konsentrasi ketika bekerja atau melakukan hal yang berkaitan dengan mengingat.

Berdasarkan penelitian, seluruh jenis ponsel dapat mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang mampu berdampak serius pada otak.

 

Resiko Depresi dan Gangguan Bipolar

Bahaya main HP sebelum tidur selanjutnya adalah dapat meningkatkan risiko depresi dan gangguan bipolar. Hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitian yang melibatkan ribuan siswa.

Penurunan kesehatan mental dapat terjadi jika main handphone sebelum tidur, seperti mood depresi dan penurunan harga diri.

 

Menurunkan Kesehatan Mata

Kondisi ini menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan. Meski penelitian belum memastikan berapa lama reaksi sinar biru dari handphone untuk menyebabkan kerusakan pada mata, namun Anda tetap dianjurkan untuk membatasi penggunaan handphone di malam hari.

 

Membuat Otak Lemah
Bahaya main HP sebelum tidur selanjutnya juga dapat membuat otak mudah lelah. Hal ini bisa terjadi karena durasi waktu tidur terpotong. Akibatnya aktivitas di keesokan harinya akan terganggu akibat otak yang terlalu lelah untuk bekerja. 
 
Penyebab Obesitas  
Hal ini disebabkan hormon di dalam tubuh secara otomatis akan memberikan dorongan untuk makan, bahkan di saat malam. Apabila kebiasaan tersebut sering dilakukan, tubuh akan menerima kandungan di luar batas yang diatur sehingga mengakibatkan obesitas.

 

Gangguan Saraf

Kondisi ini mengakibatkan saraf-saraf tubuh terganggu.  jika kebiasaan in kerap dilakukan secara terus-menerus tentu menjadi bahaya main HP sebelum tidur yang serius.

 

 

 

 

LihatTutupKomentar