-->

Jenis Kopi Terbaik di Indonesia


1. Kopi Toraja

Kopi toraja memiliki dua varian, yaitu arabika dan robusta. Sesuai namanya, kopi Toraja berasal dari Sulawesi Selatan. Kopi Toraja terkenal hingga ke luar negeri, seperti Jepang dan Amerika. Kopi Toraja dianggap sebagai minuman premium, bahkan sudah dipatenkan oleh perusahaan Jepang bernama Key Coffee sejak tahun 2005.


2. Kopi Wamena Papua

Kopi ini memiliki rasa unik dengan aroma cokelat dan floral. Rasa asamnya sedang dan body medium. Kopi Papua ini jenis kopi arabika yang ditanam di Lembah Baliem pegunungan Jayawijaya, dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kopi ini istimewa lantaran ditanam menggunakan alat tradisional.


3. Kopi Kintamani

Kopi kintamani ini berasal dari Bali. Ciri khas dari kopi Kintamani adalah adanya rasa pahit sekaligus bercita rasa jeruk. Cita rasa itu berasal karena petani kopi di Kintamani bertetangga dengan kebun jeruk sehingga ada aftertaste segar dari kopi Kintamani.


5. Kopi Flores Bajawa

Kopi Bajawa dari Flores ditanam di ketinggian 1.000-1.550 meter di atas permukaan laut (mdpl) di perkebunan yang berada di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Kopi Flores memiliki ciri khas rasa nutty atau kacang-kacangan serta karamel. Teksturnya kental dengan sensasi sedikit asam, tetapi masih aman di lambung.


5. Kopi Gayo

Kopi Gayo merupakan jenis kopi  Arabika yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Kopi ini di produksi di daerah Aceh Tengah, tepatnya di dataran tinggi Gayo, yang merupakan pusat perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia.

Prosesnya cukup panjang. Biji kopi dimasak dalam oven sekitar empat jam hingga mencapai kematangan 80 persen di oven. Setelah itu, biji kopi ditambahkan dengan gula.


6. Kopi Luwak

Kopi ini menjadi incaran para pencinta kopi di seluruh dunia.

Produksi yang sangat terbatas menjadikan kopi ini langka dan sangat mahal untuk mencicipi secangkir kopi luwak ini. Kopi luwak dihasilkan dari proses yang unik.

LihatTutupKomentar