-->

Histori Hari Ibu 22 Desember di Indonesia


Taniasik.comIbu ialah sosok yang berharga bagi setiap Manusia. Makanya dibuatlah Hari Ibu setiap tanggal 22 Desember di Indonesia. Lantas, bagaimana sejarah Hari Ibu 22 Desember terbentuk?

Kasih sayang dari ibu, kegigihannya, ketulusan, dan kesabarannya dalam mendidik anak adalah pengorbanan yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu, peringatan Hari Ibu atau Mother's Day dirayakan oleh hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia. Tapi sejarah Hari Ibu di Indonesia dan dunia berbeda cerita.

Di Indonesia, penghargaan terhadap jasa dan pengorbanan ibu tak hanya sebatas melahirkan, menyayangi, mendidik, dan mengasihi, namun para ibu juga jadi saksi sejarah bangsa Indonesia dalam mempertahankan dan memperjuangkan martabat bangsa. Berikut penjelasan sejarah Hari Ibu 22 Desember di Indonesia.

Kongres Perempuan Indonesia

 

Sejarah Hari Ibu tidak terlepas dari Kongres Perempuan Indonesia. Penetapan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu merupakan hasil dari Kongres Perempuan Indonesia I yang digelar pada 22-25 Desember 1928. Kongres tersebut dilaksanakan beberapa pekan usai Kongres Pemuda II dihelat.

Melansir dari buku berjudul Biografi Tokoh Kongres Perempuan Indonesia Pertama (1991) kongres ini diselenggarakan di Ndalem Joyodipuran, Yogyakarta. Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 600 perempuan dari puluhan perhimpunan wanita. Bahkan 600 perempuan ini memiliki latar belakang, suku, agama, budaya, usia dan pekerjaan yang beragam.

Beberapa perhimpunan perempuan yang turut andil dalam kongres terseut ialah Wanita Oetomo, Poetri Indonesia, Wanita Katolik, Aisyiyah, Wanita Moeljo dan lainnya. Tak hanya para perempuan saja, para pemuda dari berbagai organisasi juga turut hadir dalam perhelatan bersejarah tersebut.

22 Desember sebagai Hari Ibu

Dua tahun usai kongres perempuan pertama digelar, para perempuan di Indonesia menyatakan gerakan wanita sebagai bagian pergerakan nasional. Hal ini menjelaskan bahwa perempuan wajib ikut serta dalam memperjuangkan dan mempertahankan nusa dan bangsa.

Hingga digelar yakni pada tanggal 22 Desember 1929 dijadikan acuan bagi pemerintah RI untuk menetapkannya sebagai Hari Ibu.  Selanjutnya, Hari Ibu Nasional ini diresmikan oleh Presiden Soekarno dalam Dekrit Presiden RI no 316 tahun 1953.

 

Seperti itulah sejarah Hari Ibu yang dirayakan setiap tanggal 22 Desember, apakah kalian sudah menyiapkan kado atau hadiah terbaik untuk ibu?

LihatTutupKomentar