-->

Tips & Trik Deteksi Ayam Layer

 

 

Apakah kamu masih asing bersama arti ayam layer? Ayam layer adalah ayam betina yang membuahkan telur, tetapi ayam jantan tidak. Dulunya, sebelum ada teknologi canggih layaknya ini, DOC ayam jantan senantiasa dibuang karena dirasa cuma DOC ayam betina saja yang lebih penting. Caranya adalah setelah ditetaskan kemudian dibuang DOC ayam jantan itu, karena diakui kurnag menguntungkan jikalau diambil alih dagingnya pula. Tapi bersama teknologi selagi ini, udah segera dapat mendeteksi mana telur yang menghendaki ditetaskan atau tidak. Lalu bagaimana cara mendeteksi mana telur ayam jantan atau betina?

Peternak kebanyakan udah dapat segera membedakan mana telur ayam jantan dan ayam layer betina dilihat dari embrionya, karena dua-duanya punyai perbedaan yang signifikan. Caranya adalahm cairan di dalam cangkan telur diambil alih dan ditelilit. Jika udah terdeteksi mana hormone ayan jantan dan ayam layer betina, maka peternak udah dapat segera paham mana yang akan ditetaskan mana yang akan dikonsumsi.

Baca Juga : 10+ Manfaat Pisang Untuk Ayam Aduan dan Cara Pemberiannya

Cara yang berikutnya jikalau dirasa sulit untuk mendeteksi lewat embrio, dapat dilihat lewat kelaminnya. Jika punyai titik kecil udah dapat dipastikan itu adalah ayam jantan tapi jikalau tidak ada itu adalah ayam layer betina. Mendeteksinyapun lebih baik dari kecil karena jadi dewasa tipe ayamnya akan jadi sulit mendapatkan ayam layer betina.

Dari bulu juga peternak dapat mendeteksi ayam layer betina. Saat masih jadi anak ayam, kebanyakan punyai pertumbuhan bulu yang belum banyak pada anggota sayap akan ada dua tipe bulu yakni bulu atas dan bulu bawah. Jika ayam layer betina pasti punyai bulu anggota bawah yang lebih panjang dari pada ayam jantan.

Sebenarnya ayam layer betina tidak perlu ayam jantan untuk produksi telur, maka dari itu kenapa ayam jantan sering diakui tidak penting. Tetapi telur-telur yang dihasilkan oleh ayam layer betina adalah telur yang tidak akan menetas atau telur yang akan dikonsumsi oleh konsumen. Tetapi telur-telur itu senantiasa harus dibuahi untuk dapat membuahkan DOC ayam layer baru.

LihatTutupKomentar