-->

Tips Bunga Mawar Tumbuh di Pekarangan Rumah

mawar taman taniasik

Menanam tanaman bunga mawar ialah hal yang dapat pekarangan rumah menjadi lebih indah dan berwarna.

Ya, jenis tanaman ini banyak digunakan oleh kebanyakan orang di Indonesia untuk mempercantik pekarangan rumahnya dan juga menjadi bunga favorit wanita.

Sebenarnya tidak sulit dalam mewujudkan keinginan memiliki taman bunga mawar.

Berikut Taniasik.com berikan 5 tips membuat taman bunga mawar di pekarangan rumah. Yuk, langsung simak artikelnya!

1. Memilih tipe bunga mawar yang bakal ditanam

Sebelum memulai menanam taman bunga mawar di pekarangan rumah, ada baiknya kamu pilih tipe bunga mawar yang bakal ditanam dirumah mu.

Banyak ada beberapa tipe bunga mawar yang mampu tumbuh di Indonesia layaknya bunga mawar talitha, bunga mawar putri dan bunga mawar mega putih.

Kamu pun mampu belanja bibit berasal dari ketiga tipe mawar tersebut di toko-toko penjual bunga ataupun dengan cara membeli online .

Pilihlah bibit yang berkwalitas bersama tidak punyai tanda-tanda bakal tumbuhnya penyakit dikala ditanam nanti.

Tanaman bunga mawar mampu saja tumbuh di nyaris semua tipe tanah. Akan namun tanaman ini sebenarnya lebih cocok di tanah bersama air yang tidak amat banyak.

Saat pilih tipe tanah sebenarnya kudu dipertimbangkan, dikarenakan tanah yang tepat mampu mengakibatkan tanaman bunga mawar mampu tumbuh subur dan berbunga.

Jadi usahakan wilayah penanaman di lahan kosong dan punyai tanah yang punya kandungan pasir maupun gembur.

Selain itu diusahakan tanah jangan amat asam agar tanaman bunga mawar mampu tumbuh. Sebab tanah yang amat asam mampu menghambat pertumbuhan tanaman.

3. Menentukan tempat tanam

Penanaman bunga mawar mampu dilakukan segera pada tanah secara permanen di pekarangan tempat tinggal atau di didalam pot.

Namun hal ini yang kudu kamu ketahui adalah bunga mawar menyukai sinar matahari.

Jika mendambakan menanam tanaman bunga mawar hanya untuk di pekarangan rumah, direkomendasi menanam bersama cara memakai tempat tanam pot atau polybag saja.

Tapi jangan lupa menambahkan jarak satu meter berasal dari tanaman lainnya dan beroleh lumayan air.

4. Memerhatikan musim waktu menanam

Faktanya, tanaman bunga mawar mampu tumbuh subur di daerah yang punyai iklim, subtropis hingga tropis.

Langkah seterusnya dikala hendak menanam tanaman bunga mawar ialah pilih wilayah tanam yang cocok. Hal ini manfaat bunga mawar tumbuh maksimal dan mampu menghasilkan bunga mawar yang lebat.

Pastikan menyimak musim waktu menanam. Sebaiknya punyai curah hujan yang lumayan baik di setiap tahunnya bersama kisaran 1500-3000 mm per tahunnya.

Sementara pada musim kemarau, curah hujan menurun. Jadi memperhatikan cuaca, hujan dan lainnya agar tanaman mampu tumbuh sempurna.

5. Melakukan perawatan setiap 15-20 hari sekali

Langkah yang terakhir yaitu laksanakan proses perawatan lewat pemupukan bersama memakai pupuk organik dan pupuk anorganik yang dilakukan setiap 15-20 hari sekali.

Dalam proses pemupukan, usahakan pupuk tidak berkenaan batang tanaman secara langsung, laksanakan pemupukan di kurang lebih tanaman bunga mawar.

Lalu lanjutkan proses penyiraman secara rutin sepanjang 2 kali didalam sehari. Apabila penyiraman dilakukan pada musim penghujan, maka tidak kudu secara rutin laksanakan penyiraman.

 Sesekali kamu dapat menyemprotkan cairan fungisida, belerang dan bahan aktif pirazifos ke tanaman bunga mawar. 

Itulah kelima tips & trik membuat taman bunga mawar di pekarangan rumah agar taman dirumah mu semakin menarik.

Usahakan memiliki suhu lingkungan yang normal di kisaran 18-26 derajat celcius dan kelembapan suhu mencapai 70-80 persen.

mawar taniasik


LihatTutupKomentar