-->

Pentingnya Kesadaran Masyarakat Akan Kebersihan

 


Kesadaran Masyarakat pada kerbesihan didalam agama disebutkan Orang menyebutkan bahwa kebersihan merupakan lebih dari satu dari iman. Kebersihan adalah perihal yang mutlak dibutuhkan oleh setiap orang yang tinggal di didalam lingkungan hidup. Lingkungan hidup yang bersih, menciptakan rasa kenyamanan serta kebugaran bagi setiap individu yang tinggal di dalamnya.

Bayangkan saja, jika lingkungan hidup yang Anda tinggali kotor, maka rasa tidak nyaman akan menghampiri. Kemungkinan munculnya berbagai penyakit pun lebih besar dibandingkan bersama lingkungan hidup yang bersih.

Sebagai contoh, tempat tinggal Anda kotor. Banyak sampah dan genangan air di lebih kurang tempat tinggal Anda. Maka, nyamuk-nyamuk demam berdarah bisa berkembang biak bersama subur. Menyebabkan bagian keluarga Anda, lebih-lebih orang-orang yang tinggal di lebih kurang Anda punya peluang besar terkena penyakit demam berdarah.

Dalam lingkungan hidup, mutlak untuk merawat kesadaran didalam merawat kebersihan.

BACA JUGA : MAHASISWA PROTES KE DEDI MULYADI

Menjaga Kebersihan Dimulai dari Diri Sendiri

Kebersihan diri merupakan cermin kehidupan seseorang. Apakah orang berikut tipe pemalas, atau tipe orang yang rajin. Orang yang malas bersihkan diri sendiri, bagaimana barangkali acuhkan pada kebersihan lingkungan hidup yang ada di sekitarnya?

Menjaga kebersihan diri sendiri merupakan perihal yang amat spesial dan jadi hak Anda untuk hidup bersih dan sehat, seperti: mandi paling tidak dua kali sehari, senantiasa mengenakan baju bersih, membasuh tangan sebelum akan makan atau menyentuh makanan, serta perihal lain yang bisa mengakibatkan rasa nyaman dan sehat di diri kita sendiri.

Menjaga Kebersihan di Lingkungan Keluarga

Hal yang besar dimulai dari perihal kecil. Begitu juga bersama merawat kebersihan. Setelah merawat kebersihan dari diri sendiri, maka kebersihan di lingkungan keluarga pun bisa tercipta. Setiap bagian keluarga berperan didalam merawat kebersihan dan kebugaran tiap-tiap bagian keluarganya.

Menjaga Kebersihan di Lingkungan Masyarakat

Tingkat kesadaran penduduk didalam merawat kebersihan masih tergolong rendah. Meskipun mereka udah sukses merawat kebersihan dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga, tak sedikit orang yang membiarkan kebersihan didalam lingkungan masyarakat.

Sebagai perumpamaan kecil, orang membuang plastik permen di sembarang tempat. Maka, tingkah laku kecil berikut akan sebabkan tindakan serupa yang akan dikerjakan orang lain. Bayangkan jika di suatu jalan atau taman, ada sepuluh atau dua puluh orang membuang plastik permen sembarangan, alhasil daerah itu akan jadi kotor.

Tingkat kesadaran penduduk yang rendah didalam merawat kebersihan di lingkungan masyarakat, bisa diamati dari langkah mereka membuang sampah. Apakah penduduk membuang sampah pada tempatnya, di pinggir-pinggir sungai, atau lebih-lebih di pnggiran jalan raya.

Adanya petugas kebersihan sebatas sebagai pembantu didalam merawat kebersihan. Sedangkan aspek utama yang amat berpengaruh supaya lingkungan penduduk terlihat bersih adalah kesadaran penduduk itu sendiri.

Dampak Serius dari Kurangnya Kesadaran Masyarakat Menjaga Kebersihan

Dampak benar-benar dari kurangnya kesadaran penduduk didalam merawat kebersihan akan amat terasa. Secara fisik, lingkungan yang punya tingkat kesadaran rendah, akan terlihat kotor dan tidak nyaman untuk ditinggali. Seperti yang udah disinggung sebelumnya, lingkungan kotor bisa mengakibatkan berbagai penyakit, seperti jika demam berdarah.

Kurangnya kesadaran penduduk didalam merawat kebersihan juga bisa mengakibatkan bencana yang lebih besar. Seperti yang kita ketahui, bencana banjir tidak hanya disebabkan oleh hujan lebat. Tapi, dikarenakan orang-orang membuang sampah teledor di sungai. Mengakibatkan tidak lancarnya aliran sungai, supaya volume air meluap ke pemukiman warga.

Oleh dikarenakan itu, amat mutlak bagi setiap penduduk menumbuhkan kesadaran didalam merawat kebersihan. Tidak hanya kebersihan diri sendiri, dan keluarga, tetapi amat mutlak merawat kebersihan di lingkungan masyarakat.

LihatTutupKomentar